Sunday, November 6, 2016

Lima Pamain Maluku dan Maluku Utara Dipanggil Perkuat Tim Nasional

Bola Malut     Sunday, November 06, 2016    


Bolamalut, Jakarta-Jumlah pemain asal Maluku dan Maluku Utara yang dipanggil oleh Alfred Riedl ke Tim Nasional (Timnas) cukup banyak, lima pemain. Mereka adalah Zulham Zamrun dan Rizky Pora yang berasal dari Maluku Utara serta tiga pemain lain, Rizky Pellu, Manahati Lestusen serta Muhammad Abduh Lestaluhu yang berasal dari Maluku. 


Karena berasal dari daerah yang berdekatan, kelima pemain tersebut seperti langsung membentuk semacam koloni kecil saat menjalani sejumlah pemusatan latihan Timnas di bawah komando Alfred Riedl. Mulai dari kongkow bareng ketika sedang ada waktu senggang sampai dengan berburu makanan khas Maluku. 



Seperti yang terjadi saat skuad Garuda –julukan Timnas – menjalani pemusatan latihan di Sleman, Yogyakarta pada 22 Oktober lalu. Ketika itu, kelima pemain itu sama-sama hunting papeda, makanan tradisional asal Maluku.



 “Kebetulan di Yogja ada warung khusus makan Maluku. Jadi, kami semua langsung ke sana rame-rame,” kata Rizky Pellu. 



Suasana Timnas kian mencair lataran juga bergabung sejumlah pemain Timnas lain, di antaranya striker Ferdinand Sinaga dan serta Lerby Eliandry. Ferdinand, meski berasal dari Medan, dia cukup akrab dengan budaya dan makanan khas asal timur. Kebetulan, dia juga teman akrab Rizky Pellu di PSM Makassar. 



Sementara Lerby adalah pemain asli Minahasa, Sulawesi Utara, yang saat ini membela Pusamania Borneo Football Club. Maklum, makanan khas asal Sulawesi Utara pun juga hampir mirip dengan Maluku. 



“Kami juga sering ajak pemain pemain lain yang punya waktu. Sehingga tidak ada kesan ekslusif dari pemain pemain asal Maluku,” tambah Manahati Lestusen. 



Sementara itu, Muhammad Abduh Lestaluhu, full back PS TNI mengatakan, sejatinya masih ada banyak pemain asal Maluku yang berpeluang untuk masuk Timnas. Seperti Hendra Adi Bayauw di Mitra Kukar, serta Ramdani Lestaluhu di Persija Jakarta. 



“Tapi, mungkin selera pelatih yang belum cocok dengan mereka,” lanjutnya.



Sebagai catatan, meski dibawa dalam rombongan saat ujicoba di Myanmar, lima pemain asal Maluku dan Maluku Utara itu belum sepenuhnya aman untuk bisa berkostum timnas di Piala AFF 2016.  Sebab, Alfred Riedl mengatakan bahwa dia masih terus melakukan pemantauan dari total 40 pemain yang sudah dia daftarkan ke AFF. 




Sumber  : riaupos.co

Sepak Bola

Pariwisata

Top Bola

Edukasi

Gaya Hidup

Kesehatan

© 2017 Bola Malut | Jalan Durian 2 Jati Perumnas Ternate Maluku Utara | Email : bolamalut@gmail.com