Friday, November 11, 2016

Piala Walikota Hanya Diikuti 29 Club Tanpa Pembagian Divisi

Bola Malut     Friday, November 11, 2016    

Bolamalut, Ternate-Pertandingan sepakbola divisi I dan II Persiter memperebutkan Piala Walikota hanya diikuti 29 tim. Padahal sebelumnya, panitia menargetkan kompetisi ini akan diikuti 32 tim. Meski demikian, 29 tim yang mendaftar ikut kompetisi mulai berlaga pada 20 November 2016 mendatang.
Ketua panitia Piala Walikota, Amin Subuh mengatakan, sesuai hasil rapat, Jumat 11 November 2016, 29 tim ini menyatakan siap merebut kasta tertinggi Piala Walikota. Dikatakan, sesuai hasil kesepakatan dalam rapat, 29 tim akan melebur tanpa embel-embel divisi. Artinya, Piala Walikota ini bergulir secara tidak langsung 29 tim memperebutkan divisi I dan II.
Alasan Amin, langkah ini ditempuh lantaran vakumnya klub divisi I dan II selama bertahun-tahun dan tidak ada kompetisi sehingga tidak ada bukti klub yang berada di level divisi I maupun II. “Hasil kesepakatan rapat, solusinya Piala Walikota sebagai pintu pembuka,” ujar Amin usai rapat, Jumat 11 November 2016 sore.
Diakuinya, selama tiga kali rapat, rapat terakhir keputusan cukup alot. Menyusul ada diantara pengurus klub dibawah Persiter  ini yang memprotes pemberlakukan divisi maupun ada yang mempertahankan divisi. Meski begitu kata Amin, sebagian besar sepakat melebur akibat kevakuman kompetisi selama ini.
Selain memperebutkan Piala Walikota, kompetisi ini bertujuan menghidupkan kembali klub-klub divisi I dan II Persiter. Hasil kompetisi Piala Walikota ini menurut Amin, 10 klub teratas secara otomatis masuk divisi I dan 10 klub berikutnya masuk divisi II, dengan catatan dilihat dari prestasi.
Panitia lanjut Amin akan memperketat syarat usia pemain 23 tahun dibuktikan dengan KTP, kartu mahasiswa atau kartu pelajar yang masih berlaku. Sedangakan usia pemain di atas 23 tahun diberikan kebebasan. Batas akhir pemasukan berkas pendaftran klub tanggal 15 November 2016 dan karena tanggal 17 November 2016 akan dilakukan verifikasi pemain.
Amin mengatakan, setiap klub wajib mendatangani surat pernyataan mengikuti kompetisi Persiter tahun 2017 serta Piala Walikota Cup 2016. “Yang terpenting, klub wajib mendaftarkan klubnya dengan mengetahui lurah setempat sebagai home base klub,” ujarnya. (san)

Sepak Bola

Pariwisata

Top Bola

Edukasi

Gaya Hidup

Kesehatan

© 2017 Bola Malut | Jalan Durian 2 Jati Perumnas Ternate Maluku Utara | Email : bolamalut@gmail.com